Klopp Mundur: Ada yang Tertawa Mengganggu, tapi Kita Liverpool..

0
31
Jurgen Klopp saat diwawancara Tim Media Liverpool perihal keputusannya mundur sebagai manajer di akhir musim ini.(kaldera/liverpoolfc)
Jurgen Klopp saat diwawancara Tim Media Liverpool perihal keputusannya mundur sebagai manajer di akhir musim ini.(kaldera/liverpoolfc)

MEDAN, kaldera.id – Jürgen Klopp menjelaskan alasan di balik keputusannya untuk mundur sebagai manajer Liverpool pada akhir musim ini. Setelah membantu Liverpool mencapai final Carabao Cup di Wembley tengah pekan ini, sang pelatih mengumumkan bahwa ia akan meninggalkan jabatannya pada akhir musim 2023/2024.

Berita ini datang setelah delapan setengah tahun yang luar biasa sukses di puncak – dan dengan empat trofi masih harus diperebutkan sebelum musim berakhir, Klopp ingin semua orang bersatu untuk mencoba menulis bab sukses lain dalam cerita timnya.

Klopp mengakui pengumuman keputusan ini sekarang, akan menjadi ‘alat’ bagi kompetitor untuk mengganggu Liverpool menuntaskan musim ini dengan baik. “Tapi kita adalah Liverpool. Kita telah melewati hal-hal yang lebih sulit bersama. Dan Anda (suporter) sudah melewati hal-hal yang lebih sulit sebelum saya. Mari jadikan itu kekuatan menatap masa depan,” kata Klopp.

Berikut petikan wawancaranya yang dikutip dari laman liverpoolfc.com, Jumat (26/1/2024).

Anda memiliki pesan untuk para pendukung Liverpool. Apakah Anda ingin membagikan pesan tersebut?

Ya, saya harus melakukannya. Saya akan meninggalkan klub pada akhir musim. Saya bisa memahami bahwa ini adalah kejutan bagi banyak orang saat ini, ketika Anda mendengarnya untuk pertama kalinya, tetapi jelas saya bisa menjelaskannya – atau setidaknya mencoba menjelaskannya. Saya mencintai segala sesuatu tentang klub ini. Saya mencintai segalanya. Tetapi bahwa saya masih mengambil keputusan ini menunjukkan bahwa saya yakin ini adalah keputusan yang harus saya ambil. Saya mulai kehabisan energi. Saya tidak memiliki masalah sekarang. Saya tahu bahwa saya tidak bisa terus-menerus melakukan pekerjaan ini. Itu saja, kurang lebih.

Hal pertama yang ingin diketahui penggemar adalah apakah ada sesuatu yang terjadi dan apakah Anda baik-baik saja?

Saya baik-baik saja. Saya sehat, sejauh yang bisa [saya] di usia saya. Sedikit saja, seperti itu, tetapi tidak ada yang perlu dikhawatirkan, jadi itu benar-benar baik. Saya sudah memberi tahu klub sejak November. Saya jelas mulai memikirkannya. Bagi saya sangat, sangat, sangat penting bahwa saya dapat membantu membawa tim ini kembali ke jalur yang benar. Itu yang saya pikirkan. Ketika saya menyadari cukup awal bahwa itu terjadi, itu adalah tim yang benar-benar bagus dengan potensi besar dan kelompok usia yang luar biasa, karakter yang luar biasa, dan semua itu, maka saya bisa mulai memikirkan tentang diri saya sendiri lagi dan itulah hasilnya. Ini bukan apa yang saya inginkan, ini hanya apa yang saya pikirkan 100 persen benar. Itu saja.

Apakah ada alasan Anda membuat keputusan ini sekarang, terutama mengingat tahap musim ini?

Dalam dunia yang ideal, saya tidak akan memberi tahu siapa pun sampai akhir musim, memenangkan segalanya dan kemudian mengucapkan selamat tinggal. Itu tidak mungkin. Di dunia tempat kita tinggal, tidak mungkin menyimpan hal-hal seperti ini sebagai rahasia; mungkin sebuah kejutan bahwa saya bisa menyimpannya sampai sekarang. Ada begitu banyak hal yang dipengaruhi olehnya, terutama situasi pribadi. Ada banyak saat di mana saya berharap bahwa saya tidak harus melakukan itu lagi [meninggalkan klub] – ini adalah kali ketiga saya harus melakukan sesuatu seperti itu dan saya benar-benar tidak ingin itu. Tetapi pada akhirnya saya harus karena satu hal yang saya benar-benar yakin [adalah] jika Anda harus membuat keputusan seperti itu, lebih baik Anda melakukannya sedikit lebih awal daripada sedikit terlambat.

Klub ini, segala sesuatu yang telah kita bangun dalam beberapa tahun terakhir, adalah platform yang luar biasa, dasar yang indah untuk masa depan, dan satu-satunya hal yang dapat mengganggu itu sekarang adalah hampir tidak dapat membuat keputusan yang tepat karena waktu semakin berkurang, dan itu yang sangat penting bagi saya: bahwa saya benar-benar memberi tahu semua orang sesegera mungkin.

Anda menyebutkan ‘gangguan’ di sana. Apakah Anda khawatir bahwa berita ini bisa berdampak negatif pada sisa musim?

Saya memahami pertanyaan 100 persen, [tapi] itu tergantung pada kami, saya akan katakan. Saya mengalami situasi serupa di Dortmund. Keadaannya benar-benar berbeda tetapi ini situasi serupa, Anda tidak bisa menyangkal itu. Itu tergantung pada kami. Setelah pengumuman ini, kami akan mengadakan konferensi pers dan hal-hal seperti itu. Setelah itu, saya 100 persen di musim ini. Kita bisa melaluinya, saya pikir dalam dunia ideal kita punya sekitar 30 pertandingan atau sesuatu seperti itu. Itu, di negara lain, adalah satu musim penuh.

Ada begitu banyak hal untuk dimainkan dan mungkin ada beberapa ide dari luar untuk mengganggu apa yang kita lakukan, tetapi semuanya tergantung pada kita. Segala sesuatu yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir selalu berhubungan dengan nama saya tetapi jelas banyak orang yang bekerja pada segala sesuatu dan mereka masih bekerja dan masih melakukan itu. Peran saya akan berubah, banyak hal lain akan tetap sama, jadi klub ini dalam kendali yang baik dan masa depan cerah – dan bahkan lebih cerah ketika saya tidak harus melakukannya lagi dengan tingkat energi yang tidak sama persis seperti sebelumnya.

Bagaimana reaksi pemilik klub ketika Anda memberi tahu mereka?

Reaksi pemilik klub terhadap pengumuman saya, mereka tidak merayakannya. Meskipun memiliki hubungan baik, mereka menerima keputusan saya. Tidak ada kegembiraan, tapi saya ingin fokus pada pertandingan mendatang. Saya tidak suka menciptakan keributan tentang diri saya sendiri, namun keputusan ini saya anggap benar. Alternatifnya, sebagai manajer, bisa dipecat atau berhenti karena sakit. Kita tidak perlu pesta perpisahan, masih ada banyak pertandingan yang harus dimainkan. Saya ingin memberikan 100% dan saya berharap keputusan saya, seberat apapun, bisa diterima sebagai keputusan yang tepat.

Apakah pesan Anda untuk para Liverpudlian?

Pesan untuk para pendukung: Saya sangat ingin Anda menerima keputusan ini. Itu akan baik. Dan jika saya boleh meminta satu hal lagi setelah memberi tahu Anda agar tidak menyanyikan lagu saya terlalu dini. Jika saya boleh meminta satu hal lagi, itu akan menjadi: jangan menjadikan pertandingan ini tentang saya, karena tidak perlu. Satu-satunya hal yang selalu saya inginkan adalah dukungan penuh untuk tim, bukan untuk saya. Saya tahu tentang hubungan kita, saya tidak memerlukan jenis bukti apapun.

Kita punya momentumnya. Ada cukup waktu. Mari sekarang benar-benar berusaha. Dunia luar ingin menggunakan keputusan ini, tertawa tentangnya, ingin mengganggu kita.
Kita adalah Liverpool, kita telah melewati hal-hal yang lebih sulit bersama. Dan Anda sudah melewati hal-hal yang lebih sulit sebelum saya. Mari jadikan itu kekuatan. Itu akan sangat keren. Mari perjuangkan segalanya musim ini dan memiliki sesuatu lagi untuk tersenyum ketika kita melihat ke belakang di masa depan. Terima kasih.(f rozi/red)