Medan Butuh Pemimpin Berani dan Bawa Perubahan

Ketua MUI Medan Prof Mohd Hatta saat bertemu dengan Bobby Nasution. (ist/kaldera)
Ketua MUI Medan Prof Mohd Hatta saat bertemu dengan Bobby Nasution. (ist/kaldera)

MEDAN, kaldera.id – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Medan, Mohammad Hatta meminta Bobby Nasution merujuk atau meniru Ali Bin Abi Thalib, salah satu khalifah Islam yang juga menantu Rasulullah.

Menurut Hatta, Ali Bin Abi Thalib merupakan sosok khalifah muda Islam yang berani memberantas korupsi sebagai dampak kekhalifahan sebelumnya. “Untuk itu dibutuhkan pemimpin yang berani dan bisa melakukan perubahan, terutama pemimpin beriman dan bertakwa kepada Allah dan rasulnya. Sehingga, dalam melaksanakan kepemimpinan penuh dengan amanah,” ujarnya kepada wartawan di Medan, baru-baru ini.

Sikap berani seorang pemimpin, lanjut dia, amat dibutuhkan masyarakat Kota Medan yang saat ini sangat kesulitan akibat pandemi Covid-19. Jika pemimpinnya ragu-ragu, sulit diharapkan dapat menyelesaikan beragam persoalan yang kompleks di Ibukota Provinsi Sumatera Utara ini.

“Pemimpin harus berani juga bisa berkoordinasi dan berkomunikasi aktif dengan pemerintah pusat. Bisa memantau proyek-proyek pemerintah pusat yang dilaksanakan nanti. Sehingga, dapat meminimalisir kemudaratan bagi umat akibat proyek tersebut,” terang dia.

Hatta pun menyebut proyek besar untuk kebersihan, pengadaan air bersih dan pembangunan bendungan pencegah banjir yang beberapa waktu lalu dikerjakan di Medan, sebagai contoh. Karena kurangnya koordinasi antara Pemerintah Kota Medan dengan pemerintah pusat, proyek itu justru menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat. “Jika kolaborasi dengan pemerintah pusat berjalan baik, harusnya pembangunan tidak membuat masyarakat sengsara. Tapi ternyata, pimpinan (di Medan) tidak berani bertindak sehingga menyengsarakan umat,” tuturnya.

Baginya, sosok Bobby Nasution semestinya mampu memimpin Kota Medan. Latar belakang pendidikan menantu Presiden Jokowi itu yang menurutnya dapat dijadikan dasar kepercayaan. “Bagi Allah SWT tidak ada yang mustahil, kalau kita punya niat yang lurus. Sebagai sosok terdidik, dia (Bobby Nasution) semestinya mampu memimpin Kota Medan,” tukasnya lagi.

Diketahui, Bobby Nasution merupakan sosok milenial yang akan mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Medan, Desember 2020 mendatang. Banyak pihak meyakini peraih gelar Magister Sains Agribisnis IPB ini akan mampu membawa perubahan besar di Medan, mengingat potensinya untuk berkoordinasi dan berkolaborasi dengan pemerintah pusat. “Dengan kolaborasi semua masyarakat, saya harap Medan Berkah dapat terwujud. Pembangunan Kota Medan lebih baik dapat kita ciptakan,” tukasnya. (rel/reza sahab)