Komisi II Sambut Baik Pembangunan Panti Sosial, Semoga Tidak Sekadar Tempat Penampungan

Ketua Komisi II DPRD Medan, Surianto
Ketua Komisi II DPRD Medan, Surianto

MEDAN, kaldera.id – Ketua Komisi II DPRD Medan, Surianto menyambut baik rencana Pemko Medan yang akan segera melanjutkan pembangun panti sosial di Kota Medan.

Mengingat saat ini, ada begitu banyak masyarakat Kota Medan yang menyandang status Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS).

“Sebenarnya kami di Komisi II ini sudah lama sekali meminta kepada Pemko Medan untuk segera membangun panti sosial. Faktanya, sudah lama dibutuhkan. Sebab, banyak warga Kota Medan yang berstatus PMKS. Hanya saja baru dibangun tahun lalu dan baru akan diselesaikan tahun ini,” ungkapnya, Kamis (17/3/2022).

Pria yang menjabat Ketua Fraksi Geridra DPRD Medan itu mengingatkan, nantinya bila panti ini sudah berfungsi, keberadaan panti tidak hanya sekadar sebagai penampungan semata.

mengingatkan, agar nantinya Pemko Medan melalui Dinas Sosial selaku pengelola dan penanggungjawab Panti Sosial tidak hanya menjadikan Panti Sosial tersebut sebagai tempat penampungan. Tetapi lebih kepada pengawasan dan pembinaan.

“Kita sudah terlalu sering melihat dimana-mana ada gepeng yang ditangkap lalu dibawa, beberapa hari kemudian justru dilepas. Mereka tidak dibina, tidak dibekali apapun sebelum dilepas. Alhasil saat Satpol PP melakukan razia lagi, yang tertangkap ya mereka-mereka lagi. Disitu lah pentingnya kehadiran pemerintah, mereka harus dibina agar bisa keluar dari masalahnya,” jelasnya.

Dia menambahkan, banyak hal yang bisa dilakukan pembinaan. Paling efektif dengan memberikan pelatihan agar PMKS yang dimaksud memiliki kemampuan ataupun keterampilan untuk mengubah hidupnya menjadi lebih baik.(reza)