Yafsi Perkuat Perempuan dan Pemuda Petani Desa untuk Kesejahteraan

Kaum perempuan dan pemuda petani pedesaan memiliki peran strategis Untuk meningkatkan ekonomi desa dan keluarga.
Kaum perempuan dan pemuda petani pedesaan memiliki peran strategis Untuk meningkatkan ekonomi desa dan keluarga.

KARO, kaldera.id – Kaum perempuan dan pemuda petani pedesaan memiliki peran strategis Untuk meningkatkan ekonomi desa dan keluarga.

Melihat pentingnya peningkatan kapasitas petani khususnya di Kabupaten Karo, Yayasan Fajar Sejahter Indonesia (YAFSI) membuat program Pemberdayaan Perempuan dan Pemuda melalui Kelompok Tani untuk Meningkatkan Kesejahteraan Petani (PERMATA) Karo.

Ketua Yafsi, Badriyah mengatakan terkait dengan program tersebut Yafsi mengadakan sosialisasi dan pendampingan pertanian yang untuk meningkatkan kapasitas kelompok tani perempuan dan pemuda desa untuk menjadi kelompok tani yang lebih kreatif, inovatif dan berdaya saing.

“Kegiatan sosialisasi dan pendampingan merupakan rangkaian kegiatan dalam membina kelompok tani ini, kami menyebutnya PERMATA yang disingkat dari nama program Pemberdayaan Perempuan dan Pemuda melalui Kelompok Tani untuk Meningkatkan Kesejahteraan Petani, program ini kami jalankan di Desa Semangat Kecamatan Merdeka Kabupaten Karo,” katanya di Karo, Selasa (1/11/2022).

Ditambahkannya juga, program tersebut membina 25 orang yang terdiri dari perempuan dan pemuda.

“Kami berharap kegiatan ini dapat tersosialisasi kepada pemerintah dan masyarakat Kabupaten Karo. Serta mendapatkan dukungan untuk berkolaborasi bersama pemerintah Kabupaten Karo,” ucapnya.

Sementara itu, Plant Manager Corteva Agriscience Manufacturing Indonesia, Jhon Indramarten Situmeang menambahkan bahwa saat ini petani Karo harus bisa lebih maju.

Petani Karo harus bisa lebih maju

“Saya berharap program ini dapat memberi manfaat kepada petani di Karo, sehingga hasil pertanian di Karo ini bisa go internasional. Kemajuan
pertaniannya dari hulu ke hilir. Lahan yang sedikit dapat menghasilkan tanaman yang lebih,” tambahnya.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Dinas Pertanian Kabupaten Karo, dan juga dihadiri oleh dinas terkait, seperti Dinas Sosial, DP3APP&KB, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Karo, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Karo, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Karo, Pemerintah Kecamatan Merdeka, Pemerintah Desa Semangat, tokoh masyarakat Desa Semangat dan juga masyarakat.

Yayasan Fajar Sejahtera Indonesia (YAFSI) turut serta memberdayakan kelompok perempuan dan pemuda untuk mendukung kemandirian dan meningkatkan kesejahteraan petani dengan dukungan pengabdian
tanggungjawab sosial perusahaan (CSR) PT Corteva Agriscience Manufacturing Indonesia tahun 2022.(rel/red)