MEDAN, kaldera.id – Ratusan pelaku UKM (usaha kecil menengah) di Kota Medan diajak berkenalan dengan XL Satu Biz, Kamis (25/3/2023). Varian baru layanan dari PT XL Axiata ini disebut mendukung kemajuan bisnis UMKM di tengah tuntutan digitalisasi untuk memperkuat usaha.
XL Axiata meluncurkan XL Satu Biz di Kota Medan. Medan dipilih karena pertumbuhan UMKM di Pulau Sumatera cukup besar. “XL Satu Biz menawarkan manfaat berupa akses internet Wi-Fi berkecepatan tinggi, kuota besar yang dapat dibagikan ke banyak karyawan serta gratis berlangganan Majoo untuk UMKM,” kata Group Head – Enterprise Product & Marketing XL Axiata, Sharif Lukman Mahfoedz.
Dengan menggunakan paket XL SATU BIZ, pengelola UKM juga bisa mendapatkan tambahan manfaat untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis melalui pemanfaatan aplikasi ERP untuk UKM dengan fitur yang lengkap. “Seperti kasir online dan inventory, akunting, toko online, serta pengelolaan karyawan termasuk pencatatan absensi hingga pencatatan komisi,” tambahnya didampingi Group Head XL Axiata – West Region, Desy Sari Dewi.
Group Head – Regional Enterprise Account XL Axiata, R Wicaksono menambahkan, XL Satu Biz adalah salah satu layanan konvergensi dari XL Axiata Business Solutions yang selaras dengan visi perusahaan untuk menjadi operator konvergensi terdepan di Indonesia khususnya segmen bisnis UKM.
“Pelaku UKM akan mendapatkan banyak manfaat dalam satu kemudahan dimana layanan ini telah memadukan jaringan Fixed Mobile Convergence (FMC) yang mampu menghadirkan akses internet dengan kecepatan maksimal dan stabil baik di tempat usaha maupun mobile. Dengan akses internet yang berkualitas, serta kuota besar, pelaku UKM akan bisa lebih leluasa dalam mengakselerasi bisnisnya, di hampir semua lini, baik dalam meningkatkan performa manajemen, pengembangan produk, maupun promosi dan penjualan,” tukasnya.
Digitalisasi UKM
Selain solusi internet Wi-Fi dan kuota data bersama, produk juga memberikan benefit tambahan untuk UKM berupa gratis berlangganan aplikasi Majoo. “Kolaborasi Majoo dengan XL SATU BIZ sejalan dengan program pemerintah untuk mendigitalisasi UKM di Indonesia, sehingga kami yakin kami dapat membantu pemerintah mempercepat pertumbuhan perekonomian negeri” Imbuh COO Majoo Indonesia, Audia Harahap.
Berbagai segmen para pelaku UKM juga hadir dalam acara XL SATU BIZ mulai dari restoran, toko, apotek, salon, bimbel, penginapan, dan lain-lain. Hadir juga salah satu pelanggan XL SATU BIZ, pemilik Dominico Garden Medan, Indra Halim.
“Sebagai pelanggan setia XL, saya selalu puas dengan layanan dan solusi yang diberikan. Oleh karena itu, ketika XL memperkenalkan XL SATU BIZ, saya langsung mau coba. Dengan akses internet yang cepat, pelanggan saya akan betah dan nyaman di kafe. Selain itu yang paling penting, aplikasi Majoo juga akan sangat membantu digitalisasi bisnis saya, dari yang tadinya masih manual sekarang semua sudah tercatat dengan rapi,” tukasnya.
Saat ini, tersedia dua pilihan paket XL SATU BIZ yang bisa pelanggan UKM miliki, yaitu paket XL SATU BIZ Starter dan XL SATU BIZ Prime dengan biaya berlangganan per-bulan mulai Rp419 ribu dan Rp609.000. Selain itu, harga berlangganan sudah termasuk router Wi-Fi dan instalasi perangkat yang diperlukan. “Bagi pelaku UKM yang berminat berlangganan XL SATU BIZ dapat menghubungi representatif kami di call center 24 jam dengan nomor 820 (khusus XL) dan 021-57959817 (selain XL),” tambah Group Head XL Axiata – West Region, Desy Sari Dewi.(f rozi/red)