Idul Fitri, PGN Jamin Pasokan Gas Aman

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) menjamin pasokan, layanan, serta distribusi gas aman selama Hari Raya Idul Fitri 2020.
PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) menjamin pasokan, layanan, serta distribusi gas aman selama Hari Raya Idul Fitri 2020. (ist)

MEDAN, kaldera.id – PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) menjamin pasokan, layanan, serta distribusi gas aman selama Hari Raya Idul Fitri 2020.

PGN akan memastikan keamanan dari sisi infrastruktur, niaga, distribusi gas serta pengendalian dan layanan gangguan di 3 wilayah dalam 18 area operasi. Dengan kebijakan tidak mudik dari pemerintah dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19, diperkirakan banyak pelanggan khususnya jargas rumah tangga yang diperkirakan tetap di rumah dan menggunakan jargas seperti biasanya.

Sekretaris Perusahaan PGN, Rachmat Hutama untuk menjamin hal ini, PGN telah membentuk tim yang bertugas menjalankan peran pengendalian penyaluran dan pelayanan gas bumi saat Idul Fitri 2020. Tim ini akan menjalankan peran pengendalian penyaluran dan pelayanan gas bumi di Posko Nasional ESDM sejak 17 Mei hingga 1 Juni 2020.

“Petugas akan menjalankan skema pemantauan dan pengendalian akan standby 24 jam dalam 3 shift. Apabila terjadi ganguan, pelanggan /masyarakat dapat menghubungi contact center pusat ataupun daerah agar dapat mempercepat penanganan,” ucap Rachmat, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (20/5/2020).

Tim tersebut bertugas meliputi wilayah jaringan pipa transmisi di Jawa bagian barat, wilayah jaringan pipa distribusi di Jawa Bagian Barat, Jawa Bagian Timur, Jawa Tengah, Kalimantan dan Sorong. Tak ketinggalan untuk jaringan pipa transmisi-distribusi di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Batam, Medan, Pekanbaru, Dumai dan Lampung. Selin itu pengoperasian 11 SPBG dan 4 MRU juga tetap berjalan normal.

“Pengendalian operasional dan pasokan gas, masing-masing sudah ditentukan koordinatornya dan siap untuk disiagakan. Begitupun dengan pelayanan pelanggan di berbagai wilayah kota dan kabupaten, masing-masing Sales Area sudah siap,” jelasnya.

Di sisi lain, guna meningkatkan sistem keamanan, PGN melancarkan program edukasi gas kepada pelanggan. Edukasi tersebut bertujuan agar konsumen memahami cara pencegahan terjadinya kecelakaan akibat gas, serta langkah-langkah yang bisa dilakukan pelanggan Rumah Tangga dan Pelanggan Kecil selama masa darurat Covid-19 yang mengharuskan untuk social distancing. (Haris)