Peduli Pelaku Usaha, DPR dan Kemenparekraf Gelar Bimtek di Langkat

Wakil Bupati Langkat, Syah Afandin
Wakil Bupati Langkat, Syah Afandin

LANGKAT, kaldera.id – Bupati Langkat Terbit Rencana PA melalui wakil Bupati Langkat, Syah Afandin membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) kemitraan strategi promosi pariwisata di era adaptasi kebiasaan baru untuk pasar Indonesia, Asean, Australia dan Oceania.

Kegiatan ini digelar atas kerjasama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dengan anggota komisi X DPR, Djohar Arifin Husin di Aula Kampus STAI JM Tanjung Pura, Langkat, Senin (2/11/2020).

Syah Afandin mengatakan, Pemkab Langkat sangat mendukung dan siap berpartisipasi dalam pelaksanaan kegiatan ini.

Sebab, wujud kepedulian terhadap dunia usaha, dalam meningkatkan kapasitas menghadapi pelemahan ekonomi akibat Covid-19 yang sudah mulai di rasakan semua sektor kehidupan.

“Bimtek ini sesuai dengan visi misi Pemkab Langkat. Menjadikan Langkat yang maju, sejahtera dan religius melalui pengembangan pariwisata dan infrastruktur yang berkelanjutan,” katanya.

Untuk itu pihaknya mengucapkan terimakasih kepada Prof.Djohar Arifin dan Kemenparekraf, atas kepedulian serta kesediaan menjadikan Kabupaten Langkat sebagai lokasi Bimtek, yang sangat bermanfaat memberikan wawasan pengetahuan bagi pelaku UMKM.

Bupati Langkat Terbit Rencana PA

“Kepada seluruh peserta Bimtek selamat mengikuti kegiatan dan bersungguh-sungguh dalam kegiatan ini, guna kebangkitan perekonomian kita di Langkat,” sebutnya.

Dia juga mengajak agar masyarakat terus terlibat dan membantu program pemerintah untuk meningkatkan kekuatan ekonomi bangsa, yakni mencintai dan mengkonsumsi produk dalam negeri.

Sementara itu, Direktur Pariwisata Kemenparekraf, Bulkis Karina menjelaskan, Bimtek ini digelar karena sektor pariwisata merupakan sektor yang paling terdampak dari pandemi virus corona.

Jadi, sebab objek wisata terpuruk itulah, pihaknya perlu mendorong ekonomi kreatif untuk membangkitkan perekonomian, serta sertifikasi para pelaku ekonomi kreatif.

“Terutama para pelaku UMKM dan ekonomi kreatif yang berada di wilayah wisata,” katanya.

Djohar Arifin menyampaikan, bimtek ini bertujuan mendukung dan mengembalikan perputaran ekonomi kreatif yang saat ini terpuruk akibat Covid -19.

“Semoga bangkit untuk perekonomian yang ada di Langkat,” ujarnya.

Jadi, Ia sangat berharap kepada peserta Bimtek yang terdiri dari pelaku UMKM dari kalangan masyarakat dan mahasiswa ini berjumlah kurang lebih 50 orang, dapat memanfaatkan momen ini dengan baik, yakni dengan mendengarkan isi materi yang disampaikan nara sumber.

“Semoga ilmu ini, bermanfaat untuk para peserta dan dapat di implementasikan bagi para pelaku usaha untuk mendongkrak prekonomian kerakyatan,” pungkasnya.(rel/rani hujaipah)