Sore Ini, Uni Emirat Arab Gelar Salat Minta Hujan

JAKARTA, kaldera.id – Presiden UEA Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan meminta seluruh masjid di Uni Emirat Arab (UEA) untuk menyelenggarakan sholat hujan atau yang disebut juga shalat Istisqa, Jumat, (18/12/2020).

Sholat yang bertujuan untuk meminta hujan ini rencananya akan dilakukan 10 menit sebelum sholat Jumat (sore ini WIB, red). Imbauan sholat istisqa di seluruh masjid ini atas permintaan Presiden UEA Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan.

Sholat sunnah dua rakaat ini biasa dilakukan oleh Nabi Muhammad dan para sahabatnya di saat kemarau panjang.

Presiden Sheikh Khalifa mengimbau warga berdoa agar hujan turun dan mendapat rahmat dan kelimpahan bagi negara dan rakyatnya.

Sejak pandemi, sholat Jumat kembali dilaksanakan sejak (4/12/2020) dengan masjid menampung 30 persen dari total kapasitas mereka.

Dilansir dari laman Gulf Today pada Selasa, 15 Desember 2020, seruan salat istisqa disampaikan Presiden Zayed di tengah cuaca UEA yang selalu berganti-ganti dalam beberapa hari terakhir.

Senin kemarin, temperatur udara di UEA pada petang hari sempat melonjak di atas kisaran normal. Sebaliknya, temperatur udara di sejumlah wilayah UEA pada malam hari turun secara drastis.

Badan perkiraan cuaca UEA mengatakan, temperatur terendah yang tercatat di negara tersebut terjadi pada Selasa ini, yakni 7,4 derajat Celcius di Raknah, di wilayah pinggiran Al Ain sekitar pukul 06.45 waktu setempat.

Salat Istisqa biasanya diserukan di seantero UEA dari tahun ke tahun. Seruan ini juga bukan sesuatu yang aneh di kawasan Teluk Arab.(ihram/red)