Syah Afandin: Zakat Tidak Berdimensi Pada Ibadah Semata, Tapi Sosial dan Ekonomi

Plt Bupati Langkat, Syah Afandin menyerahkan beasiswa kepada salah satu siswa
Plt Bupati Langkat, Syah Afandin menyerahkan beasiswa kepada salah satu siswa

MEDAN, kaldera.id – Plt Bupati Langkat, Syah Afandin bersama Pengurus Baznas Sumut menyerahkan bantuan beasiswa siswa prestasi dan yang membutuhkan di Jentera Malay, Rumah Dinas Bupati Langkat, Stabat, Kamis (31/3/2022).

Syah Afandin menyampaikan, zakat memiliki potensi besar dalam membantu umat dan juga membantu kerja-kerja pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan.

Menurutnya, zakat tidak hanya berdimensi pada ibadah saja, tapi juga berdimensi pada bidang sosial dan ekonomi umat. Dimana, penerimaan dan penyalurannya senantiasa terbalut dalam keterbukaan dan transparansi. Sehingga kemanfaatannya dapat benar dirasakan penerima dan pemberi zakat.

“Sepanjang kita memberikan kepada yang berhak tentunya tidak lah berat. Tapi kalau tidak transparan yang pemberi zakat akan bertanya kemana hasil zakatnya,” ungkapnya.

Ia juga berterimakasih, kepada baznas telah berperan efisien dan efektif membantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan. Dimana hal tersebut merupakan salah satu dari luasnya tanggung jawab baznas.

Ketua Baznas Sumut, Amansyah Nasution mengatakan, anak anak penerima bantuan merupakan hasil dari seleksi yang dilakukan Baznas Langkat dengan klasifikasi pembagian;

– Tingkat SD/MI sebanyak 30 orang x Rp. 750.00 = Rp.22.500.000
– Tingkat SMP/MTS 30 orang x Rp.1.050.000 = Rp. 31.500.000
– Tingkat Aliyah/SMA 40 orang x Rp.1.500.00 = Rp.60.000.000

Total bantuan Beasiswa kepada 100 0rang anak berjumlah Rp. 114.000.000. Bantuan sengaja di salurkan menjelang hadirnya ramadhan agar dapat meningkatkan rasa syukur serta semangat belajar kepada para siswa siswi yang telah menerima bantuan, guna mendekatkan diri kepada sangat pencipta.(ali)