Hendra DS: Harus Ada Pembaharuan Manajemen Jalan Raya dan Inovasi di Bidang Lalu Lintas

0
159
Hendra DS
Hendra DS

 

MEDAN, kaldera.id – Ketua Fraksi Gabungan (Hanura PSI dan PPP) DPRD Medan, Hendra DS menyoroti persoalan kemacetan di Kota Medan.

Menurutnya, bila di tahun sebelumnya kemacetan terjadi hanya di jam tertentu, sekarang ini kemacetan hampir sebagian besar waktu dan kawasan di Kota Medan.

Menurutnya, di satu sisi kemacetan disebabkan tidak seimbangnya antara daya tampung jalan dengan jumlah kendaraan. Selain itu, rambu lalu lintas yang tidak berfungsi dengan baik.

Terakhir, masih rendahnya tingkat kesadaran dalam berkendaraan di jalan raya.

“Pengetahuan masyarakat yang masih rendah terkait fungsi-fungsi rambu lalu lintas menjadi faktor penyebab terjadinya kemacetan lalu lintas. Apalagi dihubungkan dengan Kota Medan yang sudah kehabisan lahan untuk membangun ruas jalan baru,” ucapnya, kemarin.

Untuk itu pihaknya meminta kepada OPD terkait melakukan pembaharuan manajemen jalan raya dan inovasi di bidang lalu lintas berbasis teknologi.

Selain itu, pihaknya meminta OPD terkait melakuoan penertiban para warga yang mengatur arus lalu lintas di setiap persimpangan. Diakui, keberadaan mereka di satu sisi membantu. Tapi, sisi lain semakin menambah kemacetan.

“Keberadaan oknum warga tersebut harus segera ditertibkan,” tegasnya.(reza)