Plt Bupati Ajak Kerjasama Forkopimda dan Forkopimcam Mengatasi Potensi Konflik

Plt Bupati Langkat, Syah Afandin
Plt Bupati Langkat, Syah Afandin

 

LANGKAT, kaldera.id – Pemkab Langkat melakukan koordinasi antar
Forkopimda, Forkopimcam dan 3 Pilar se-Kabupaten Langkat di Jentera Malay Rumah Dinas Bupati Langkat, Kamis (23/11/2023).

Koordinasi ini untuk meningkatkan penanganan konflik tugas dan fungsi Masing-masing. Kemudian mendeteksi dini permasalahan yang akan timbul di lapisan masyarakat yang bisa mengakibatkan terjadinya konflik.

Lalu mengupayakan pemulihan pasca konflik dengan sebaik-baiknya apabila ada terjadinya konflik. Terakhir, mengambil langkah-langkah cepat dan tegas serta profesional dalam menangani konflik yang terjadi.

Plt Bupati Langkat, Syah Afandin mengungkapkan, koordinasi ini merupakan tindaklanjut PP No12/ 2022 tentang forum koordinasi pimpinan di daerah.

Kemudian Peraturan Bupati Langkat No10 / 2023 tentang forum koordinasi pimpinan daerah dan forum koordinasi pimpinan kecamatan.

Dia berharap melalui peraturan tersebut memberikan umpan balik yang baik bagi jalannya roda pemerintahan dan seluruh rencana pembangunan di daerah serta dapat meminimalisir terjadinya konflik dan permasalahan yang ada di tengah-tengah masyarakat.

Selain itu, mampu menyelesaikan masalah faktual di daerah dalam rangka kelancaran penyelenggaraan urusan pemilihan umum dan pembangunan daerah

“Saya mengajak saudara-saudara sekalian untuk tetap berkomunikasi dan berkoordinasi secara intens terhadap semua kejadian dan peristiwa yang terjadi di Kabupaten Langkat dan segera menyampaikan laporan cepat kepada pimpinan yang lebih tinggi,” harapnya.

Hal ini menjadi penting untuk menjaga stabilitas dan kondusitas wilayah Kabupaten Langkat.

Dengan terwujudnya keamanan dan ketertiban di seluruh wilayah Kabupaten Langkat dapat membuat masyarakat tenang dan terlindungi dalam menjalankan semua usahanya di berbagai sektor yang pada akhirnya akan menggerakkan roda perekonomian ke arah yang lebih baik lagi

Hal ini sejalan dengan arahan Presiden Indonesia pada rakornas kepala daerah untuk menghadapi isu penguatan pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi di mana dalam hal ini forkopim memegang peran penting dalam menjaga keseimbangan kondisi di tengah-tengah masyarakat.

“Kepada para kepala desa, lurah, babinsa dan babinkamtibmas se Kabupaten Langkat kiranya saya harapkan dukungan dalam menjaga dan menertibkan serta mengantisipasi potensi konflik yang muncul di wilayah tugas saudara-saudara,” harapnya.(reza)
.