De Cules, Pelatih Klub Kalian Dipecat

MEDAN, kaldera.id – De Cules (sebutan fans Barcelona), pelatih tim kebanggaan kalian dipecat. Ernesto Valverde dibuang Barcelona di tengah musim 2019/2020 dan diganti mantan pelatih Real Betis, Quique Setien.

Valverde dipecat Barcelona pada Selasa (14/1/2020) pagi WIB, setelah 2,5 tahun duduk di kursi pelatih. Blaugrana lantas langsung mengumumkan penggantinya, yakni eks pelatih Real Betis Quique Setien.

Di bawah arahan Valverde, Barcelona meraih empat trofi: dua gelar Liga Spanyol dan masing-masing satu trofi Copa del Rey dan Piala Super Spanyol. Tapi itu tak cukup. Valverde juga punya beberapa cela. Di Liga Champions misalnya, Barcelona-nya Valverde kehilangan aura usai dua kali dipermalukan.

Pada perempatfinal Liga Champions musim 2017/2018, Barcelona-nya Valverde secara mengejutkan disingkirkan AS Roma. Mengejutkan karena Lionel Messi dkk sudah unggul 4-1 di leg pertama, lalu tumbang 0-3 di Olimpico.

Kekalahan itu pada prosesnya menjadi momen traumatis buat Barcelona. Di semifinal musim berikutnya, Barcelona yang sudah unggul 3-0 atas Liverpool di leg pertama tersingkir setelah kalah 0-4 di Anfield.

Tapi catatan dosa Valverde tak berhenti di sana. Kekalahan dari Valencia di final Copa del Rey musim lalu dan disingkirkan Atletico Madrid di semifinal Piala Super Spanyol tahun ini menambah panjang daftarnya.

Hal lain yang membuat sebagian penggemar Barcelona frustrasi dengan Valverde adalah performa tandang musim ini. Timnya Valverde sudah kalah dalam lawatan ke Athletic Bilbao, Granada, Levante, juga berimbang di Osasuna, Real Sociedad, dan Espanyol. Gracias, Valverde..!(dts/reza sahab)