Piala Asia U-17 tanpa Indonesia, tapi Ada India dan Laos

Skuad Timnas U-17 Indonesia menyanyikan lagu
Skuad Timnas U-17 Indonesia menyanyikan lagu "Indonesia Raya" jelang laga versus Malaysia kemarin malam. Indonesia kalah dari Malaysia dan tidak lolos ke Piala Asia U-17.

MEDAN, kaldera.id – Timnas Indonesia U-17 yang dibantai Malaysia 1-5 kemarin malam, harus ikhlas tak lolos ke putaran final Piala Asia U-17. Tapi turnamen sepakbola anak muda ini akan dimeriahkan Laos dan India.

Hasil ini ini memastikan timnas U-17 Indonesia sudah tidak memiliki agenda apa-apa lagi di masa mendatang. Para pemainnya pun dikembalikan ke klub masing-masing, dan tim ini resmi dibubarkan.

Timnas Indonesia U-17 sebenarnya tampil gemilang ketika memulai Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 Grup B. Iqbal dkk mampu menang atas Guam, UEA, dan Palestina.

Mimpi tersebut kandas di laga terakhir Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 kontra Timnas Malaysia U-17 pada laga yang digelar di Stadion Pakansari, Minggu (9/10) malam WIB. Garuda Muda takluk dengan skor telak 1-5.

Alhasil, Timnas Indonesia U-17 hanya finis sebagai runner up. Mereka disalip oleh Malaysia yang sukses memuncaki klasemen dengan 10 poin.

Timnas U-17 kalah bersaing dengan Korea Selatan, China, Afganistan India, Thailand, dan Laos. Keenam tim ini sama-sama mengumpulkan poin tiga di klasemen runner up terbaik. Namun, mereka memiliki selisih gol yang lebih baik dari Tim Merah Putih.

Sekadar informasi, menurut regulasi AFC, hanya hasil laga dengan tim peringkat tiga terbaik yang dihitung dalam penentuan runner-up terbaik. Hal itu supaya tercipta kesamaan jumlah laga dengan grup hanya hanya diisi tiga tim ( yakni Grup H dan J).

Oleh sebab itu, maka hanya hasil laga Indonesia lawan Uni Emirat Arab dan Malaysia yang dihitung. Garuda Muda mendapat tiga poin dan selisih gol minus tiga. Indonesia kalah bersaing dengan Laos, yang punya tiga poin dan selisih gol minus dua.(dtc/antara/red)

Daftar tim yang lolos ke Piala Asia U-17:

Berstatus juara grup

Jepang
Malaysia
Qatar
Arab Saudi
Yaman
Vietnam
Australia
Tajikistan
Iran
Uzbekistan

Berstatus runner up terbaik

Korea Selatan
China
Afghanistan
India
Thailand
Laos.