Keindahan Balige, Venue Kejuaraan Dunia F1 Powerboat

0
308
keindahan balige yang menjadi ajang balap f1 powerboat
keindahan balige yang menjadi ajang balap f1 powerboat. (pegipegi/shutterstock)

MEDAN, Kaldera.id – Kota Balige yang ada di Sumatera Utara memang belum terlalu terkenal di kalangan wisatawan jika dibandingkan dengan berbagai kota di Sumatera Utara. Padahal, lots tersebut mempunyai berbagai destinasi wisata yang cantik dan sangat sayang apabila dilewatkan. Beraneka ragam wisata disana dijamin akan menawarkan pengalaman baru.

Namun baru-baru ini di Kota Balige, Kabupaten Toba, Sumatra Utara menjadi sorotan dunia, karena menjadi tuan rumah pada  ajang balap internasional Kopiko F1 PowerBoat  dan telah selesai digelar pada Minggu (26/2/2023). Pebalap Asal Polandia Bartek Marszalek menjadi juara F1 Powerboat 2023 di Danau Toba.

Balige sendiri berada di ujung danau dan merupakan ibu kota dari Kabupaten Tobasa. Lokasinya mudah dijangkau dan bisa ditempuh sekitar 20 menit perjalanan dari Bandara Udara Internasional Sisingamangaraja XII (Bandara Silangit).

Sebenarnya, Oblige merupakan destinasi yang bersejarah, disanalah pertama kalinya bangsa Belanda melawan Batak. Karena letak Balige sama dengan kawasan Danau Toba, maka tidak heran apabila kota ini menjadi salah satu tujuan wisata yang mempunyai daya tarik yang bagus.

Mari kita simak tempat-tempat indah yang jarang diketahui di Balige :

1. Desa Meat

Desa Meat
Desa Meat (calderatobageopark)

Desa Meat yang menjadi tempat titik terendah dari Danau Toba Berada di Kecamatan Tampahan, Kabupaten Tobasa. Dari Kota Balige, waktu yang ditempuh ke Desa Meat sekitar 20 menit dengan jalanan yang terjal dan berbatu serta menukik untuk tiba ke Desa Meat. Desa yang berada di pinggir Danau Toba ini mempunyai daya pikat yang menakjubkan. Terdapat hamparan persawahan, pantai dan deretan bukit-bukit yang indah. Bagi yang hobi memancing juga berkesempatan mendapatkan ikan-ikan besar di desa ini.

2. Bukit Pahoda

Bukit Pahoda
Bukit Pahoda. (instagram kemenparekraf)

Bukit Pahoda merupakan tempat dengan panorama sinar matahari yang membias melewati Danau Toba hingga menuju bukit. Apalagi ketika cuaca sedang cerah, ashing keindahannya sangat luar biasa.

3. Pantai Lumban Bul-bul

Pantai Lumban Bul-bul
Pantai Lumban Bul-bul. (instagram)

Pantai Lumban Bul-bul terletak di Kabupaten Toba Samosir Desa Lumban Silintong Sumatera Utara. Transportasi yang bisa dinaiki bisa lewat jalur darat atau laut. Berlibur di Pantai Lumban memang cukup menarik dikarenakan bisa berenang sepuasnya dan menikmati keindahan alamnya. Terdapat juga kuliner yang dapat dicicipi di sepanjang pinggiran pantai, seperti ikan bakar dengan sambal khas Desa Lumban Silintong.

4. Pantai di Pulau Samosir

Pantai di Pulau Samosir
Pantai di Pulau Samosir. (pegipegi/shutterstock)

Berkunjung ke Provinsi Sumatera Utara tidak lengkap rasanya tanpa mampir ke Samosir. Pulau yang terpisah dengan daratan Sumatera tersebut lokasinya ada di tengah Danau Toba. Wisatawan dapat menikmati pemandangan gunung serta destinasi wisata budaya yang terdapat di sana.

Silahkan menuju ke pulau tersebut saat pagi hari dengan menaiki kapal feri. Apabila Anda mengendarai mobil, dapat pula menaiki feri tetapi khusus untuk yang kendaraan roda 4. Anda dapat berkeliling di Samosir dengan menyewa motor.

5. Bukit Tarabunga

Bukit Tarabunga
Bukit Tarabunga. (asmon)

Berkunjung ke Balige pun dapat membuat Anda menemukan tempat wisata unik yang diberi nama Bukit Tarabunga. Sangat sayang apabila Anda tidak mencoba untuk berkunjung ke sana. Jaraknya hanya sekitar 5 km dari pusat kota, bukit tersebut menjadi salah satu spot yang terbaik.

Anda yang suka melihat pematang sawah dapat berkunjung ke sana. Di tempat tersebut ada sawah yang bertingkat yang indah layaknya di Ubud Bali. Tentu saja spot tersebut dapat Anda jadikan sebagai latar belakang foto. Bukit tersebut juga menyuguhkan panorama Danu Toba. Anda dapat berkunjung di pagi maupun sore hari supaya memperoleh foto yang bagus.

6. Air Terjun Sigura-Gura

Air Terjun Sigura-Gura
Air Terjun Sigura-Gura. (ksmtour)

Air Terjun Sigura-gura merupakan objek wisata unggulan yang ada di Balige. Air terjunnya mempunyai ketinggian sekitar 250 m. Tempat tersebut cocok untuk Anda yang hendak menenangkan diri. Adanya pepohonan di kawasan wisata tersebut membuat suasananya sangat asri dan hijau.

Terdapat deretan tebing yang terjal serta licin yang ikut andil untuk mengukir indahnya tempat wisata tersebut. Air Terjun Sigura-gura juga dapat dipakai sebagai tempat berolahraga arung jeram untuk Anda yang ingin mencoba arusnya. Wisatawan dapat berkunjung ke sana dengan mengendarai transportasi umum maupun pribadi.

7. Taman Eden 100

Taman Eden 100
Taman Eden 100. (instagram/tamaneden100)

Objek wisata yang menarik sekali untuk dikunjungi yaitu Taman Eden 100. Destinasi wisata populer ini memiliki tempat yang asri, sejuk, dan teduh. Sehingga, taman yang lokasi tepatnya ada di Desa Pasar Lumban Julu ini cocok sekali untuk dijadikan tepat berkemah. Apalagi, lebih seru lagi apabila melakukan kemah bersama dengan rombongan.
Selain melakukan kegiatan kemah, setiap wisatawan juga dapat melakukan berbagai kegiatan lainnya yang tentu saja tidak kalah seru di Taman Eden 100. Misalnya saja seperti mendaki Bukit Senyum, agrowisata, sampai mengunjungi berbagai spot menarik yang lainnya. Selain itu, taman ini juga bisa Anda jadikan sebagai tempat untuk sekadar menghabiskan waktu untuk bersantai.

8. Bukit Gibeon

Bukit Gibeon
Bukit Gibeon. (google maps)

Bukit Gibeon dapat menjadi salah satu tempat wisata alternatif keluarga yang ada di sekitaran lokasi Danau Toba. Letak dari destinasi andalan tersebut lebih tepatnya ada di Kabupaten Toba Samosir. Di area wisata tersebut, seluruh wisatawan dapat menikmati keseruan bermain air maupun berenang di kolam renang sambil menikmati pemandangan indah di sekitaran sana.

Di Bukit Gibeon ini juga ada air terjun yang terbilang menarik sekali dan sayang jika Anda lewatkan. Hal itu sebab airnya yang jatuh langsung ke kolam renang. Anda dapat merasakan asyiknya sensasi diguyur oleh air terjun yang segar. Sebetulnya, Bukit Gibeon ataupun Pusat Seminar Bukit Gibeon ini adalah tempat ibadah dan tempat sekolah untuk pendeta.

9. Kebun Bunga Sapo Juma Tongging

Kebun Bunga Sapo Juma Tongging
Kebun Bunga Sapo Juma Tongging. (instagram/hermawan_170509)

Di sekitaran kawasan Danau Toba, Anda akan dapat menemukan taman bunga yang terbilang sangat cantik. Sebetulnya, Kebun Bunga Sapo Juma Tongging tersebut merupakan sebuah penginapan. Walaupun ada di dalam kawasan sebuah penginapan, Anda tidak perlu terlebih dahulu bermalam di penginapan tersebut untuk dapat menikmatinya.

Hal itu karena kebun bunga tersebut terbuka pula untuk wisatawan yang berasal dari luar tamu resort. Objek wisata indah ini menyuguhkan hamparan berbagai jenis bunga yang berwarna-warni dan tentu saja memanjakan mata. Di sekeliling taman pun menawarkan suasana yang asri dan mempunyai hawa yang begitu sejuk.

10. Pasar Tradisional Onan Balige

Pasar Tradisional Onan Balige
Pasar Tradisional Onan Balige (atourin)

Apabila Anda ingin berbelanja ataupun sekadar kenal dengan pasar Balige, maaka wajib datang ke sini. Pasar Tradisional Onan Balige tersebut selalu menarik untuk dikunjungi. Pasalnya, bangunan yang ada di pasar tersebut memiliki arsitektur yang unik.
Sebagai destinasi wisata belanja, pasar tersebut menjadi tempat yang penuh sejarah. Dibangun pada zaman penjajahan Belanda di tahun 1936 silam, sampai sekarang ini bangunannya masih kokoh sekali. Terdapat enam deret bangunan dengan bentuk rumah adat Batak. (riza r)