Gus Irawan: Kita Dorong BI Tingkatkan Transaksi Digital

Gus Irawan Pasaribu
Gus Irawan Pasaribu

 

MEDAN, kaldera.id- Kemudahan transaksi keuangan digital sudah menjadi tren dan populer di kalangan masyarakat di berbagai daerah. Untuk itu Anggota Komisi XI DPR RI Gus Irawan Pasaribu berupaya mendorong pihak terkait, dalam hal ini Bank Indonesia (BI), agar dapat menggalakkan pengaplikasian kode QR Standar Indonesia (QRIS) di tengah masyarakat,

“Sejauh mana perkembangan pembayaran digital, apakah masyarakat sudah terbiasa dengan menggunakan QRIS? Karena menurut kami dengan menggunakan QRIS masyarakat terbantu terutama menghemat waktu kemudian kita bisa bertransaksi dengan lebih lancar. Mudah-mudahan pengaplikasian transaksi digital ini masih bisa ditingkatkan lagi penggunaannya,” ujar Gus Irawan Pasaribu di Medan, Jumat (16/12/2022).

Kemudian dalam pertemuan itu, melalui sarana dan prasarana akses digital, Gus Irawan Pasaribu juga berpesan kepada BI agar memaksimalkan dukungannya terhadap pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). “Salah satu bauran kebijakan BI adalah dukungan terhadap pengembangan terhadap UMKM melalui sarana dan prasarana akses digital serta model bisnis hijau mohon dapat dijelaskan,” sebutnya.

Apalagi berkaca pada tahun ini saja penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada seluruh UMKM secara nasional mencapai ratusan triliun. “Mudah-mudahan ini menjadi dorongan kepada pihak terkait bisa menjalin kerja sama untuk meningkatkan ekonomi masyarakat ini,” ungkap Gus Irawan Pasaribu.

Gus Irawan Pasaribu juga mengapresiasi laporan BI yang memaparkan pertumbuhan ekonomi provinsi-provinsi di Indonesia dan mendorong pertumbuhan di tingkat nasional. Dia berharap semua pihak dapat terus berupaya meningkatkan pertumbuhan tersebut supaya membawa dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat. (rel/arn)