Musim Covid-19, Sumut Buka 29 Toko Tani Online Jual Produk Pangan Murah

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi saat meresmikan Toko Tani Indonesia Center (TTIC) di Kantor Dinas Perkebunan Jalan AH Nasution Medan, Kamis (16/4/2020).
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi saat meresmikan Toko Tani Indonesia Center (TTIC) di Kantor Dinas Perkebunan Jalan AH Nasution Medan, Kamis (16/4/2020).

MEDAN, kaldera.id- Sumatera Utara (Sumut) kini memiliki 29 toko tani yang tersebar di Kota Medan dan Deliserdang. Bekerja sama dengan Gojek, mulai 24 April 2020 masyarakat sudah dapat membeli hasil produk pangan rumah tangga secara online.

Hal tersebut dapat dimanfaatkan masyarakat yang sedang berdiam diri di rumah, mengikuti anjuran pemerintah untuk mencegah penyebaran wabah Covid-19. Dengan itu masyarakat bisa berbelanja bahan pangan dari rumah.

“Saya apresiasi ini, dan saya minta ini dikembangkan lagi dan diperbanyak toko-tokonya hingga menyebar hingga ke tingkat kecamatan di daerah-daerah,” kata Gubernur Sumut Edy Rahmayadi saat meresmikan Toko Tani Indonesia Center (TTIC) di Kantor Dinas Perkebunan Jalan AH Nasution Medan, Kamis (16/4/2020).

Edy menyebut, akan menginstruksikan Dinas Perkebunan untuk mensosialisasikan pada masyarakat, agar masyarakat mengetahui bahwa ada Toko Tani yang menjual kebutuhan pokok dengan harga di bawah pasar.

“Beritahu masyarakat, dengan mensosialisaikan atau bentuk promo agar masyarakat tau ada toko di sini,” katanya.

Sekdaprov Sabrina yang juga turut hadir dalam peresmian tersebut mengatakan akan menambah jumlah toko tani online sehingga bisa merata ke daerah-daerah lain di Sumut.

“Ke depannya kita akan tambah lagi Toko Tani ini. Dengan kondisi saat ini untuk tetap di rumah, kita juga bekerja sama dengan Gojek. Jadi masyarakat dapat memesan secara online,” katanya.

Sabrina menjelaskan, Toko Tani membatasi masyarakat untuk berbelanja hanya sebanyak Rp200 ribu saja. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya upaya penimbunan dan penjualan kembali pada masyarakat.

“Untuk pembelian kita batasi maksimal Rp200 ribu, agar tidak ada penimbunan dan penjualan kembali,” jelasnya.

Sementara itu Manager of Goverment Gojek Medan Ruslan mengucapkan terima kasih pada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut yang telah mempercayakan Gojek sebagai mitra.

“Untuk promo pertama dimulai 24 April ini kami akan mengratiskan biaya kirim pada masyarakat,” ujarnya. (finta rahyuni)