Terindikasi Rabies Mulai Mewabah di Medan, DKP3 Diminta Segera Ambil Langkah Strategis

Anggota DPRD Medan, Dedy Aksyari Nasution
Anggota DPRD Medan, Dedy Aksyari Nasution

 

MEDAN, kaldera.id – Anggota Komisi 4 DPRD Medan, Dedy Aksyari meminta Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3), untuk segera melakukan langkah strategis mencegah maraknya hewan peliharaan jenis anjing maupun kucing yang terkena virus rabies.

Saat ini penyakit rabies pada hewan peliharaan kembali mewabah, kemungkinan termasuk di Kota Medan. “Info yang saya dengar, sudah ada beberapa hewan anjing peliharaan di Kota Medan yang terindikasi terpapar rabies. Tentu butuh langkah strategis untuk mengatasi hal ini,” ungkapya, kemarin.

Menurut Politisi Gerindra ini, langkah strategis yang dimaksud dengan segera melakukan vaksinasi rabies terhadap seluruh hewan peliharaan, baik jenis anjing maupun kucing yang belum divaksinasi.

“Kita minta DKP3 Kota Medan untuk segera melakukan vaksinasi rabies terhadap seluruh hewan peliharaan di Kota Medan, baik untuk jenis anjing maupun kucing. Tak cuma hewan peliharaan, tapi juga hewan-hewan liar, sebab ada banyak juga kucing liar yang tidak ada pemiliknya,” ujarnya.

Dia menambahkan,, virus rabies harus diatasi secepat mungkin. Mengingat rabies bukan hanya mematikan bagi hewan yang terpapar. Akan tetapi, penyakit ini juga berbahaya bagi manusia yang tertular akibat digigit hewan yang terpapar rabies.(reza)