Marissa Haque
Marissa Haque

MEDAN, kaldera.id – Aktris senior yang kini menjadi dosen, Marissa Haque meninggal dalam usia 61 tahun pada Rabu dinihari, 2 Oktober 2024 pukul 00.50 WIB. Kabar ini disampaikan putri sulungnya, Bella Fawzi pada unggahan di Instagram Storynya satu jam lalu. “Innalillahi wainnailaihi rojiun, telah berpulang ke Rahmatullah Ibunda kami tercinta, Ibu @marissahaque. Mohon doanya untuk ibu saya. Teman2 beliau org baik. Cc@chikifawzi @ikangfawzi,” demikian tulisan pernyataan yang diunggah di Instagram Bella Fawzi.

Belum ada kabar lanjut mengenai waktu dan penyebab aktris peraih Piala Citra untuk film Tinggal Landas Buat Kekasih ini berpulang. Anak bungsunya, Chiki Fawzi lebih dulu mengabarkan berita duka ini pada Rabu dinihari. “Telah berpulang ke rahmatullah ibu Mariisa ibu saya. Saya mohooooonnnn ibu,” tulisnya di Instagram Story dalam suasana yang penuh emosional.

Chiki kemudian menuliskan pesan terakhir Marissa yang ingin ia wujudkan, yakni dimakamkan di TPU Tanah Kusir. Unggahan itu sekaligus meminta pertolongan dari warganet untuk membantunya menunaikan hajatnya. “Ibuku cuma mau dimakamin di Tanah Kusir. Caranya gimana. Instagram. Please do your magic. Mau beri yang terbaik buat Ibu. Aku harus apa, harus hubungi apa,” tulisnya.

Chiki kemudian membuat unggahan fotonya yang memegang tangan istri penyanyi rock, Ikang Fawzi itu. “I love you soooo muchhhhhh ibuuuuu!!!!!” tulisnya.

Pada unggahan di beranda Instagramnya, Chiki mengunggah foto Marissa yang mulai dikafani. Di samping jenazah ibunya, ia meletakkan Al Quran dan foto mereka sekeluarga. “Cintakuuu,” tulisnya.

Marissa sendiri kemarin masih membuat unggahan video tentang tokoh Islam yang coba dihilangkan dalam sejarah dunia. Unggahan pagi itu digunakan Marissa untuk materi kuliah yang diberikannya di Indonesia Banking School tempatnya mengajar. Marissa adalah Associate Professor di Indonesia Banking School.

“Kelas pagi S-1 Syariah di Indonesia Banking School. Iqro bersama mahasiswaku terhadap para scholars muslim dunia dan bidang ilmu pengetahuan yang mereka kembangkan di awal peradaban bangsa dunia, masya Allah,” tulisnya.

Di Instagram Storynya, Marissa masih melakukan aktivitas mengajar seperti biasa. Ia mengunggah video yang memperlihatkan tengah bertandang di ruang sejawatnya. “Pagiku happy! Banyak (membuat emoji harta karun) di ruangannya Uni Vidi, PhD,” tulisnya di atas video itu.

Unggahan berikutnya, Marissa, yang akan genap berusia 62 tahun pada 15 Oktober mendatang, mengunggah undangan seminar sebagai pembicara. Ia dijadwalkan berbicara tentang pariwisata di Kedutaan Besar Uzbekistan di Kebayoran Baru, Jakarta.

Jejak Karier Marissa Haque

Marissa Haque lahir di Balikpapan, 15 Oktober 1961. Ia merupakan kakak sulung dari peragawati senior Indonesia, Soraya Haque dan presenter Indonesia, Shahnaz Haque. Sewaktu muda, Marissa menjadi aktris di banyak film Indonesia, di antaranya Tinggal Landas Kekasih dan Sepondok Dua Cinta.

Ia mulai merambah karier politik pada 2004 dengan masuk PDIP dan menjadi anggota DPR RI di tahun itu. Marissa sempat dicalonkan sebagai Wakil Gubernur Banten namun kalah. Pada 2007, Marissa pindah partai ke PPP. Pada 2012, ia memilih bergabung di PAN mengikuti suaminya, Ikang Fawzi yang merupakan kader di partai itu. (tempo)