Iklan Layanan Masyarakat sebagai Kampanye Antisipasi Covid-19

COVID-19
COVID-19

Penulis: Roynanda Sinaga

MEDAN, kaldera.id – Pada 12 Maret 2020 World Health Organization (WHO) menetapkan Wabah Virus Corona sebagai “Pandemi” dan saat di umumkan virus Corona sudah menjangkiti hingga 118 negara. Di Indonesia sendiri kasus virus corona pertama terjadi pada pertengahan bulan Februari 2020 dan terus menyebar hingga kini.

Menghadapi situasi akibat pandemi seperti ini di butuhkan sebuah media yang memberi informasi yang cepat, akurat dan merata untuk masyarakat kita yang sangat banyak, media yang dapat menggaungkan kepada masyarakat tentang berbagai hal yang berkaitan dengan pandemi Covid-19 ini seperti edukasi tentang Covid-19.

Iklan Layanan Masyarakat sebagai penyaji berbagai informasi tentang kiat kiat untuk mengantisipasi dan membangkitkan kepedulian dan reaksi masyarakat mengenai ancaman virus Covid-19 ini.

Iklan Layanan Berbasis Digital

Era teknologi digital yang tentunya membawa banyak sekali manfaat bagi ummat manusia, salah satuya sebagai ruang bagi iklan layanan masyarakat untuk mengimbau dan mengedukasi masyarakat.

Berbagai iklan layanan masyarakat juga sudah digaungkan kepada masyarakat seperti yang disampaikan oleh Kementerian Kesehatan RI melalui seluruh Televisi negeri maupun swasta, seluruh jejaring media sosial, salah satunya di Youtube.

Video yang berjudul “Ayo Jaga Keluarga dan Bangsa Indonesia dengan Mencegah Penularan Covid-19”, video yang berdurasi 33 detik ini sudah di tonton sebanyak 37 juta lebih sejak di upload pada 10 Maret 2020.

Hampir seluruh media sosial juga menyematkan iklan layanan masyarakat mengenai Pelayanan Sosial melalui situs resmi dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona yaitu covid19.go.id yang membuat berbagai hal tentang virus corna dan mencegah nya, seperti cara mengurangi resiko terpapar, mencari informasi yang benar, dan apa yang perlu di lakukan bila sakit, lalu ada materi edukasi dan data situasi Covid-19 baik nasional maupun global, juga terdapat menu “Hoaks Buster” yang berisi tentang informasi dan berita palsu tentang virus Corona.

Iklan layanan masyarakat yang disampaikan diberbagai macam media adalah salah satu bentuk antsipasi oleh pihak yang berwajib dalam merespon pandemi ini. Sebagai warga negara yang baik, seyogyannya kita juga harus mengimplemntasikan secara maksimal atas pesan pesan yang disampaikan di iklan layanan sosial.

Pihak yang berwajib juga kita harapkan lebih meningkatkan lagi layanan tentang virus corna ini dan cara mengantisipasi nya diiklankan secara lebih luas lagi, hingga sampai ke pelosok negeri hingga edukasi dan informasi tentang covid dapat diketahui masyarakat lebih luas lagi, agar masyarakat secara luas mampu mengantisipasi bila ada kejadian virus corona didaerah nya, tidak panik dan tidak ketakutan dalam mengantisipasi dan menghadapi pandemi ini.

Kesimpulan

Iklan layanan masyarakat sebagai antisipasi Covid-19 merupakan hal yang harus benar di implementasikan oleh masyarakat, pesan yang disampaikan pada iklan layanan msayarakat ini harus kita tanggapi dengan serius agar tidak terjadi hal buruk yang lebih besar lagi.

Memahami dan juga menyampaikan dengan orang terdekat atas informasi yang kita terima dari iklan layanan msayarakat. Semua kalangan harus bersinergi dan sama sama bekerja keras dalam menghadapi pandemi corona ini. Semoga kita dapat menang melawan virus corona dan bangsa kita menjadi bangsa yang lebih baik lagi.(*)

penulis adalah mahasiswa Ilmu Komunikasi FIS UINSU, peserta KKN-DR Kelompok 117