Mayjen TNI Rio Firdianto diamanahkan menjadi Pangdam I/BB. Rio prajurit kecabangan Armed, mantan Dan Grup Paspampres dan Dansat Intel BAIS TNI.(ist)
Mayjen TNI Rio Firdianto diamanahkan menjadi Pangdam I/BB. Rio prajurit kecabangan Armed, mantan Dan Grup Paspampres dan Dansat Intel BAIS TNI.(ist)

MEDAN, kaldera.id – Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto merotasi sejumlah pejabat di jajarannya. Salah satunya adalah jabatan Pangdam I/BB yang diemban Mayjen Mochammad Hasan akan digantikan oleh Mayjen TNI Rio Firdianto.

Mutasi itu tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor: Kep/1264/X/2024 tertanggal 18 Oktober 2024. Dalam keputusan itu, Mochammad Hasan dimutasi menjadi Sesmenko Polhukam

“Mayjen TNI Mochammad Hasan jabatan lama Pangdam I/BB, jabatan baru Sesmenko Polhukam,” demikian isi surat keputusan itu seperti dilansir detik.com, Minggu (20/10/2024).

Lalu, posisi Mochammad Hasan akan diisi oleh Mayjen Rio Firdianto yang menjabat sebagai Pa Sahli Tk III Bid Wassus dan LH Panglima TNI.

Dalam surat keputusan yang sama, Panglima TNI juga memberikan promosi jabatan kepada Mayjen TNI Achiruddin, Danpaspampres menjadi Pangdam VI/Mulawarman.

Tapi, Panglima belum menunjuk pengganti Achiruddin yang bakal menjadi pimpinan “Perisai Hidup” Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden RI Gibran Rakabuming Raka, beserta keluarga masing-masing.

Untuk diketahui, Mochammad Hasan dimutasi menjadi Pangdam I/BB pada Juli 2023. Mutasi itu tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor: Kep/779/VII/2023 tertanggal 17 Juli 2023. Mochammad Hasan menggantikan Mayjen Ahmad Daniel Chardin.(dtc/reza)