Kaum Disabilitas Wajib Mendapatkan Perlakuan Sama

Sekda Kabupaten Langkat, Amril
Sekda Kabupaten Langkat, Amril

 

LANGKAT, kaldera.id – Plt Bupati Langkat, Syah Afandin melalui Sekda Kabupaten Langkat, Amril mengungkapkan, Peringatan Hari Disabilitas menjadi momentum untuk lebih memperhatikan dan menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapi oleh penyandang disabilitas.

Sesuai UU No8l/2016 tentang penyandang disabilitas, negara kesatuan menjamin kelangsungan hidup setiap warga negaranya, termasuk penyandang disabilitas yang mempunyai kedudukan hukum dan memiliki hak asasi manusia yang sama sebagai warga negara Indonesia.

“Harus menjadi perhatian kita bersama bahwa penyandang disabilitas wajib mendapatkan pemenuhan hak dan kesamaan kesempatan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki dalam segala aspek penyelenggaraan negara dan masyarakat tanpa adanya diskriminasi dalam bentuk apapun,” ungkapnya.

Pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan penyandang disabilitas yang dilakukan melalui bantuan sosial pemeliharaan taraf kesejahteraan sosial dan rehabilitasi.

Sejalan dengan hal tersebut Pemerintah Kabupaten Langkat melalui inisiatif DPRD telah membuat peraturan daerah tentang perlindungan dan pemenuhan hak disabilitas.

Hal itu sebagai implementasinya dilakukan dinas sosial kabupaten Langkat dengan melaksanakan rehabilitasi melalui lembaga-lembaga kesejahteraan sosial yang menaungi rehabilitasi penyandang disabilitas dengan menyediakan alat bantu seperti, kaki palsu, kursi roda, kruk dan alat bantu dengar serta berbagai bentuk pelatihan untuk mendukung kemampuan bagi para penyandang disabilitas menuju upaya kemandirian.

“Pemerintah daerah terus berupaya memenuhi fasilitas-fasilitas pelayanan di seluruh perangkat daerah,” jelasnya.

Dirinya juga meminta kepada semua pihak untuk memberikan perhatian dan tidak melakukan diskriminasi terhadap para penyandang disabilitas agar mereka dapat hidup secara layak dengan perlakuan yang sama tanpa adanya perbedaan.

Sehingga mereka dapat berkembang sesuai potensi yang merek miliki untuk mendapat penghargaan yang sama dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.(reza)