Panjat Tebing Beregu jadi Andalan Sumut, Siap Hadapi Veddriq di PON 2024
Panjat Tebing Beregu jadi Andalan Sumut, Siap Hadapi Veddriq di PON 2024

MEDAN, kaldera.id – Tim cabang olahraga (Cabor) Panjat Tebing Sumatera Utara (Sumut) yang dipersiapkan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut. Sumut akan mengandalkan nomor beregu untuk meraih medali emas.

Pelatih panjat tebing nomor speed Sumut, Wahyu Sahputra mengatakan, peluang setiap daerah untuk meraih medali di PON 2024 nanti di kategori beregu sangat terbuka lebar.”Kalau beregu, itu merata dan tidak bertumpu ke satu orang saja. Karena di beregu itu harus tiga orang dan ketiganya harus punya catatan waktu yang sama baiknya,” ungkap Wahyu di Medan, Minggu (11/8/2024).

Dia pun mengaku Sumut tak gentar jika harus menghadapi juara-juara dunia termasuk juara Olimpiade 2024, Veddriq Leonardo, yang akan memperkuat Kalimantan Barat. Diketahui, Veddriq berhasil meraih medali emas di Olimpiade Paris kemarin di nomor speed putra.

Menurut Wahyud, Veddriq kemungkinan bakal turun di PON 2024 bersama kontingen Kalimantan Barat (Kalbar). “Gak masalah, pada intinya kami siapapun lawannya kita siap tempur, mau dia juara dunia ataupun juara olimpiade. Yang penting saat di lapangan (saat lomba) kita belum pernah tahu (hasilnya), karena semua belum ada yang pasti,” kata Wahyu.

Akan tetapi, lanjut Wahyu, keyakinan bisa bersaing dengan nama-nama tenar tersebut terutama di kategori beregu. Menurutnya, peluang setiap daerah untuk meraih medali di PON 2024 nanti di kategori beregu sangat terbuka lebar.

Untuk kategori perorangan, tambah Wahyu, para atlet Pelatda panjat tebing Sumut yang dipersiapkan untuk PON ke-21 ini juga tak akan menyerah meski berpeluang akan menghadapi para juara dunia dan olimpiade.

“Ya mudah-mudahan yang penting sekarang anak-anak bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya, itu saja. Itu yang perorangan ya. Kalau beregu, itu merata dan tidak bertumpu ke satu orang saja. Karena di beregu itu harus tiga orang dan ketiganya harus punya catatan waktu yang sama baiknya,” ungkap Wahyu.

Peluang dari Nomor Beregu

“Karena itu, peluang terbesar kita di situ (beregu) untuk medali. Misalnya Kalbar dan Veddriq main tuh diberegu, dia main dan hasil Veddriq bagus nih dan dua lainnya belum tentu juga (bagus),” bebernya.

“Makanya, siapapun main disitu (beregu) gak masalah. Tapi kalau di perorangan, memang persaingan itu ketat. Kalau beregu semuanya (daerah/provinsi) masih punya kesempatan,” pungkas Wahyu yang dulu pernah menjadi atlet panjat tebing Sumut di PON 2008.

Sebagai informasi, tim panjat tebing Sumut akan turun di 10 dari 16 nomor yang dipertandingkan pada PON 2024, di mana cabor panjat tebing iakan dipertandingkan di komplek Stadion Harapan Bangsa (SHB), Banda Aceh 5-19 September 2024.

Dengan berkekuatan 10 atlet (7 putra dan 3 putri), tim panjat tebing Sumut akan turun di tujuh nomor putra seperti Speed World Record Perorangan, Boulder Perorangan, Lead Perorangan, Combine (Lead & Boulder) Perorangan, Speed World Record Beregu, Boulder Beregu, dan Lead Beregu.

Kemudian dua nomor putri yakni Speed World Record Perorangan dan Speed World Record Beregu. Terakhir satu nomor campuran di Speed Classic Beregu.(frozi/red)