Kanada Dominan tapi Belgia Menang Tipis

Striker Belgia Mitchi Batshuayi merayakan gol kemenangan yang dicetaknya. Belgia menang 1-0 atas Kanada.
Striker Belgia Mitchi Batshuayi merayakan gol kemenangan yang dicetaknya. Belgia menang 1-0 atas Kanada.

 

MEDAN, kaldera.id – Kanada menunjukkan kualitas mereka sebagai tim yang pertama kali lolos ke Piala Dunia 2022 di fase kualifikasi. Menghadapi Belgia, tim Amerika Utara ini unggul penguasaan bola dan tembakan ke arah gawang. Meski akhirnya kalah 1-0 dari Belgia.

Dalam laga fase Grup, Kanada mampu mengimbangi Belgia yang berisi pemain kelas liga Eropa seperti Kevin de Bruyne, Eden Hazard dan Thibaout Courtois. Dari statistik Livescore.com, Belgia hanya mampu menguasai 46% penguasaan bola selama 90 menit. Sisanya 54% milik Kanada.

Di sisi tendangan ke arah gawang, Belgia dan Kanada mampu melepaskan masing-masing 3 tembakan shots on target . Tapi untuk shots off goal, Kanada dominan dengan 11 tembakan dibanding Belgia yang hanya punya 3 tembakan. Artinya, Kanada cukup leluasa membombardir Belgia.

BACA JUGA :  Ghana dan Uruguay Saling Serang, Swiss dan Serbia Siapa Yang Membuat Kejutan?

Tapi apalah arti statistik, toh yang menentukan hasil akhir adalah gol yang tercipta. Kanada sebenarnya punya peluang emas di menit 10 usai mendapatkan hadiah pinalti dari wasit. Tapi eksekusi Davies, dimentahkan Courtois, kiper Belgia milik Real Madrid itu.

Malapetaka Kanada terjadi di menit 44. Setelah eks striker Chelsea, Mitchi Batshuayi membuat gol cantik usai menerima umpan lambung Toby Alderweireld. Skor 1-0 bertahan hingga akhir laga.

Hasil ini membuat Belgia memuncaki klasemen sementara Grup F dengan 3 poin. Di susul Kroasia dan Maroko yang sebelumnya bermain imbang 0-0. Masing-masing mengantongi 1 poin. Kanada tentu saja di peringkat empat klasemen, kan kalah.(frz/red)