Tae -yong Bakal Jadi Pelatih Timnas Indonesia ?

Shin Tae-yong.
Shin Tae-yong.

MEDAN, kaldera.id – Shin Tae-yong dikabarkan telah setuju menjadi pelatih baru Timnas Indonesia. Berapa kira-kira nilai kontrak pelatih 49 tahun itu?

Kabar setujunya Tae-yong menjadi pelatih baru Timnas Indonesia dikonfirmasi langsung Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu menyebut proses perekrutan pelatih asal Korea Selatan itu sudah dalam tahap finalisasi kontrak.

“Yang bersangkutan sudah oke. Dalam seminggu ke depan sedang finalisasi masalah kontrak,” kata Iriawan kepada detiksport.

Iwan Bule sendiri belum mau menjelaskan lebih detail soal kontak Tae-yong. Berdasarkan laporan Live Sport Asia, PSSI disebut belum siap membayar lebih dari 1 juta dolar AS setahun untuk kontrak pelatih baru timnas.

Meski demikian, nilai kontrak Tae-yong ditaksir kurang lebih berada di kisaran 1 juta dolar AS. Hal itu berdasarkan pendapatan yang dia peroleh saat menangani Timnas Korea Selatan pada Piala Dunia 2018 lalu.

Menukil data Statista, mantan pelatih klub Seoungnam Ilhwa itu mendapat gaji per tahun sebesar 450 ribu euro (500 ribu dolar AS) atau sekitar Rp7 miliar di 2018. Tae-yong menjadi pelatih timnas peserta Piala Dunia 2018 ke-26 dengan gaji terbesar.

Mengacu angka tersebut, nilai kontrak Tae-Yong bersama PSSI diperkirakan berada pada kisaran 500 ribu (Rp 7 miliar) sampai 1 juta dolar AS (Rp 14 miliar) per tahunnya. Namun, bisa saja besaran gaji tersebut meningkat tergantung kebutuhan yang disiapkan Tae-Yong untuk Timnas Indonesia. (reza sahab/dts)